Minggu, 06 November 2011

Ir. Sukarno "Keturunan Buton"

Oleh : Ali Habiu

Presiden Soekarno

Kisah biografi Soekarno sebagai Presiden Pertama Republik Indonesia versi yang berkembang dikalangan tertentu golongan para bangsawan buton dan Mmasyarakat dalam lingkungan tertentu di pulau Buton mengatakan bahwa Soekarno merupakan ayah biologis dari seorang bangsawan dari lingkungan istana kesultanan Buton yang karena sesuatu kekecewaan tidak terpilih menjadi sultan, dia mengasingkan diri di pulau Bali. Menurut La Ode Abdul Rasyid anak dari salah seorang Kapitanlau Loji yang saat ini bekerja sebagai  staf  bagian personalia Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Sulawesi Tenggara menyebutkan bahwa ayah biologis Soekarno itu bernama La Ode Muhammad Idris yang tak lain merupakan cucu dari Kinipulu Bula. Hal ini didasarkan atas riwayat keluarga Kapitalau Loji mengetahui bahwa cucu Kinipulu Bula dari asal keturunan mereka bernama La Ode Muhammad Idris pernah kawin di pulau Bali namun sejauh ini belum ada pihak keluarga menelusuri lebih jauh eksistensi perkawinan tersebut. Demikian pula kisah ini pernah dikemukakan oleh DR (HC) La Ode Unga Wathullah di Makassar sekitar tahun 1980-an kepada penulis bahwa Soekarno itu merupakan orang Buton yang lahir di Bali dan karena sesuatu perasaan dendam dengan Buton, dia telah berjanji untuk tidak sama sekali menginjakkan kakinya di pulau Buton, kecuali bila ada urusan dan keperluan ketika semasa perjuangan persiapan kemerdekaan Indonesia dengan sultan Buton maka dia sempatkan bertemu dengan sultan Buton di Benteng Port Rotterdam Makassar. Untuk memperjelas sedikit kisah ini, pada hari Jumat Kliwon tanggal 13 November 2009 penulis sengaja berkunjung kerumah Bapak La Ode Moane Oba tinggal disamping jalan Bunga Kana Kendari, dia salah seorang Tim Kerja penyusunan sejarah Oputa Yikoo atau sultan Himayatudin yang merupakan sultan ke-20 dari susunan kesultanan Buton untuk mengusulkan ke Pemerintah Republik Indonesia agar mendapat gelar kepahlawanan atas perjuangannya melawan Belanda pada tanggal 24 Februari 1755,  mengatakan bahwa pada sekitar bulan Juli 2007 lalu pernah dia didatangi bertandan kerumahnya oleh kerabat dekat yang masih hubungan keluarga, yakni salah seorang pengurus DPP Hanura pusat yang bernama  Dr.La Ode Supri Asadi atau sering dipanggil Dr. Upi yang tak lain merupakan anak pertama dari La Ode Asadi (almarhum) yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Muna Sulawesi Tenggara. Dia datang khusus ke rumahnya untuk menceritakan asal muasal Sokarno.  
Dr. Upi mengatakan bahwa pada tahun 1970-an di Jakarta pernah  ayahnya diceritakan oleh guru Ali (nama panggilan) adalah seorang guru pada Sekolah Dasar Lawele Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara, yang mana dia lari meninggalkan pulau Buton menuju Jakarta ketika terjadi move peristiwa tahun 1969 tentang issue Partai Komunis Indonesia di pulau Buton yang dikumandangi oleh Letkol Arifin Sugiyanto. Dikatakan dengan sangat yakin tanpa ragu-ragu bahwa Soekarno itu merupakan orang Buton. Untuk mengecek kebenaran kisah ini maka sekitar pertengahan tahun 1970-an di Jakarta guru Ali melalui perantara La Ode Asadi dipertemukan dengan La Ode Muhammad Tooha. Dan selanjutnya La Ode Muhammad Tooha (Lakina Kumbewaha) mengantar langsung guru Ali ke rumah kediaman Sukmawati Soekarno Putri. Setelah ketemu dan melakukan konfirmasi masalah kisah tersebut dengan Sukmawati Soekarno Putri yang merupakan anak ke-empat dari  Presiden Republik Indonesia Pertama Soekarno dari ibunya bernama Fatmawati, maka seketika itu juga Sukmawati Soekarno Putri mengatakan bahwa :…pernah Bapak (Soekarno) menceritakan kepada mereka (sekeluarga) bahwa kakeknya adalah seorang haji yang tinggal di pulau Buton”… “Dan mereka akui bahwa nenek mereka itu berasal dari pulau Buton”

Sukmawati Soekarno Putri
Dan setelah mengatakan itu semua, Sukmawati menambahkan bahwa Soekarno melarang lagi mereka semua untuk mengingat itu semua dengan alasan bahwa mereka sudah tinggal dan besar di pulau Jawa. Berdasarkan informasi ini, La Ode Muhammad Tooha dan guru Ali mengadakan penyelidikan dan konfirmasi sejarah, maka setelah didapat titik terang maka disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan seorang haji adalah haji Pada. Namun demikian penafsiran haji Pada dimaksud belum bisa dibuktikan secara epistemologis, mengingat bahwa orang-orang sakti pada zamannya di pulau Buton yang memiliki gelar haji dimana mereka dapat pulang pergi hanya sekejap mata di atas sajadah sudah dapat menghilang dan muncul begitu saja di tanah Mekkah bukan saja haji Pada tapi juga bisa Saidi Rabba atau Kinipulu Bula yang dikenal dengan nama Syech Haji La Ode Ganiyu. Setelah penulis mendengarkan cerita tersebut, lantas seketika penulis terkesima dan mengatakan bahwa yang dimaksud Sukmawati Soekarno Putri tersebut bahwa neneknya seorang haji dari pulau Buton yang benar adalah Syech haji La Ode Ganiyu. Dan La Ode Moane Oba yang sedang menceritakan kisah ini kepada penulis terkesima mendengarkan penjelasan saya dan mengatakan bahwa mungkin itu benar!?. Penulis ceritakan kepada La Ode Moane Oba bahwa pada tahun 1981 sampai 1982 lalu di Makassar pernah terjadi hampir selama tiga bulan berturut-turut setiap habis selesai shalat Magrib, penulis masuk duduk di ranjang (tempat tidur) dan secara ghaib langsung ditemani oleh Soekarno untuk berdialog dan sekaligus diajarkan tentang ilmu Negara dan Ketatanegaraan Indonesia. Selang waktu dialog pengajaran berlangsung antara 15 sampai 25 menit, selama proses dialog napas penulis terasa sesak dan agak berat, namun dialog cukup berjalan lancer. Kejadian semua ini atas perkenan dan izin Allah Subhana Wata’ala. Dia (Soekarno) memperkenalkan kepada penulis bahwa ghaib yang mengikuti dirinya atau roh yang sering menemani dirinya adalah Kinipulu Bula. Kinipulu Bula dikalangan petinggi kesultanan Buton dikenal dengan nama Syech haji La Ode Ganiyu, orang ini tergolong manusia langkah asal keturunan para wali di pulau Buton dan selama hidupnya pernah menjadi imam masjidil haram di Mekkah selama 7 tahun berturut-turut dan pernah menjadi dosen tamu atau dosen luar biasa pada Universitas Al zhar Mesir dan disana pernah menulis sebuah buku yang sangat terkenal berjudul” “AJONGA INDAMALUSA”. Buku ini pada zamannya sangat digemari oleh para golongan tassauf dikalangan bangsa arab dan sayang sekali buku ini tidak bisa dijumpai di Indonesia dan sekarang ini sudah hilang di perpustakaan Universitas Al Azhar kecuali tinggal katalognya.




 Soekarno Ikut Kehebatan Siapa...!

Dalam kisah terbatas dikalangan masyarakat tertentu pulau Buton, dikisahkan bahwa ayah biologis Soekarno itu yakni Laode Muhammad Idris yang tak lain adalah cucu dari Syech Haji La Ode Ganiyu merupakan orang yang disegani dikalangan petinggi kesultanan Buton karena dia disamping ahli kanuk ragan, juga dia ahli perang, ahli sejarah dan budaya, ahli kebatinan juga ahli agama. Ketika terjadi peristiwa pemilihan calon Sultan Buton ke-33, dia sangat kecewa atas proses pemilihan sultan karena menurutnya mestinya dialah sebagai sultan Buton ke-33, namun ketika itu dia dihianati oleh kelompok petinggi dari Ba’dia, Keraton/Wajo. Dia juga semenjak pertengahan tahun 1800 sudah tidak menyenangi sistem Sa’ra yang dijalankan dalam lingkungan keratin Buton karena hanya dimonopoli oleh kelompok-kelompok tertentu dari kalangan asal Ba’dia dan Keraton. Sebagai akibat dari kekecewaannya itu, Pada tahun 1898 dia melarikan diri dan mengasingkan diri ke pulau Bali tepatnya di Buleleng dengan pergi meninggalkan pulau Buton ikut dengan kapal perahu pedagang (sope-sope) membawa hasil-hasil laut pulau Buton.  Dipermukiman dipesisir pantai Buleleng pulau Bali ketika itu banyak dihuni oleh orang-orang Buton para saudagar perahu dan pedagang dan tinggal disana. Disalah satu tempat saudagar itulah ayah biologis Soekarno yang bernama La Ode Muhammad Idris tinggal sementara sambil menenangkan dirinya akibat dari kekecewaannya atas penghianatan yang diterima oleh kelompok petinggi asal Ba’dia, Keraton/Wajo sehingga dia tidak terpilih menjadi sultan ke-33 Buton dan sangat tidak suka dengan sistem Sa’ra yang dijalankan dalam lingkungan Keraton Buton.
Dalam pengasingannya di Buleleng Bali, dia sering setiap waktu melihat anak gadis dengan paras cantik merupakan anak petinggi Kerajaan yang bernama Nyoman Pesek. Rupanya anak gadis dengan paras cantik ini bernama Ida Ayu Nyoman Rai dengan nama panggilan Srimben yang merupakan anak kedua Nyoman Pesek dengan ibunya bernama Ni Made Liran. Maka selang beberapa waktu, diapun memberanikan diri untuk menghadap ayah anak gadis cantik tersebut yang tak lain bernama Nyoman Rai Srimben atau Ida Ayu Nyoman Rai dan sekaligus mengemukakan hajatnya untuk melamar anak gadis tersebut. Ayah anak gadis tersebut sangat marah ada orang berani melamar anak gadisnya tanpa dia ketahui asal muasal keturunannya. Sang ayahpun berkata : “kok kamu beraninya melamar anak saya sendiri!, kamu dari keturunan mana?. Dia mengatakan bahwa saya suka anak Bapak dan mau jadikan istri…, Saya dari Buton, asal keturunan bangsawan Buton!. Ayah Ida Ayu Nyoman Rai tak percaya, dan sang ayah mengatakan mana tanda-tanda yang bisa meyakinkan bahwa kamu adalah orang dari asal Bangsawan Buton?. Karena dia ditolak, maka diapun pulang kembali keperkampungan nelayan di Buleleng sambil berpikir apa yang mesti dia lakukan agar sang ayah bisa percaya dia bahwa dia adalah anak Bangsawan dari Buton. Karena dia (La Ode Muhammad Idris) adalah juga memiliki garis keturunan para wali, maka diapun dengan mudah mendapat petunjuk ghaib untuk meyakinkan ayah dari Ida Ayu Nyoman Rai tersebut. Maka beberapa hari kemudian dibawahnya keris pusaka sakti (To'bo) pulau Buton berkepala burung dan langsung kembali menuju kediaman  Nyoman Rai Srimben untuk menemui Nyoman Pesek dalam meyakinkan bahwa dia adalah keturunan bangsawan pulau Buton. Dan setelah ketemu dengan sang ayah, maka diperlihatkanlah keris sakti pusaka leluhurnya dari pulau Buton dan alangkah kagetnya sang ayah melihat keris tersebut sama seperti keris yang sering dibawah oleh sultan Buton bila sedang ada acara pertemuan antar kerajaan baik dilakukan di pulau Bali maupun di Makassar. Dan seketika itu juga sang ayah sangat yakin dan mengatakan bahwa saya percaya kamu adalah keturunan bangsawan pulau Buton.
Dalam kisah singkatnya, maka kawinlah La Ode Muhammad Idris dengan Ida Ayu Nyoman Rai dan tak lama kemudian lahirlah Soekarno kecil di Buleleng pulau Bali (6 Juni 1901). Namun masa kebahagiaan mereka hanya berlangsung singkat selama lebih kurang tiga tahun lamanya. Kemudian karena sesuatu hal penting terjadi masalah perselisihan antar golongan bangsawan di Pemerintahan Kesultanan Buton antara tahun 1911 sampai 1914, maka ketika itu diutuslah petinggi khusus istana untuk pergi mencari sekaligus menjemput La Ode Muhammad Idris karena hanya dengan keahliannya dapat menyelesaikan perselisihan antar golongan yang terjadi tersebut. Maka pulanglah ayah biologis Soekarno yang diperkirakan usia Soekarno kecil baru menginjak tiga tahunan. Selama La Ode Muhammad Idris meninggalkan Buleleng Bali kembali ke pulau Buton tak ada kabar berita juga tidak menafkahi lahir dan bathin Ida Ayu Nyoman Rai. Maka diapun hidup sendiri membesarkan Soekarno kecil hingga usia Soekarno menginjak lima tahunan. Waktupun berjalan,  Ida Ayu Nyoman Rai  melalui perantara sahabat dekatnya bernama Made Lestari memperkenalkan dia dengan seorang guru bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo. Dan selanjutnya bapak ini menaruh hati dan jatuh cinta dengan Ida Ayu Nyoman  Rai  lalu dibawah larilah ibu Soekarno kecil itu ke Surabaya yang hampir saja menimbulkan pertumpahan darah akibat dari persitiwa ini. Dan Raden Soekemi inilah yang pada akhirnya menjadi ayah Soekarno dan yang telah membesarkannya sebagaimana diriwayatkan dalam lembaran sejarah Indonesia.
Dalam pemaparan kisah ini walaupun masih dalam diskripsi primordial dalam konteks ontologis, namun diharapkan ada pihak-pihak yang dapat menindaklanjuti secara aksiologis untuk menelitinya secara konprehensif. Oleh karena itu masih diperlukan penelitian mendalam lebih lanjut yang dilakukan oleh para ahli sosiologis kontemporer, para ahli sejarah dan budaya, para ahli ethonologis sehingga diharapkan dapat menguak tabir dibalik kisah ini sekaligus dapat memberikan diskripsi sejarah Indonesia yang benar mengenai asal muasal keturunan Soekarno sebagai Presiden pertama Republik Indonesia agar masyarakat Indonesia dapat mengetahui kebesaran pulau Buton pada zamannya.****

101 komentar:

  1. cerita kaya di filem filem di?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Kamu gk perna tau sejara makanya kamu itu belajar sejarah yg akurat...jangan cuma baca buku aja tsuuuu

      Hapus
  3. saya setuju dengan sejarah itu, karena menurut pendengaran saya pada tetua setempat soekarno itu berasal dari buton dan kesaktiannya itu, namun bagi suku lain tidak akan mengakui hal itu, itu wajar saja. tapi yang jelas secara pribadi saya meyakini hal itu, karena pengalaman menunjukan bahwa banyak orang buton dari dulu di seantero nusantara sangat disegani oleh suku lain, karena kalau pada kondisi terdesak dan atau kondisi perang maka yakin atau tidak yakin orang buton akan berperan, namun sebagian besar identitas banyak tidak diketahui oleh orang lain dan ataupun orang buton tersebut menyembunyikan identitas dirinya. dan yang paling penting untuk diketahui bahwa banyak orang buton yang sakti dan mandraguna akan tetapi mereka tidak sombong dan angkuh,,,semoga sifat ini akan terus diwarisi oleh para generasi selanjutnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woyyy bangun woy...sudah siang, masa mimpi terus kemarin mimpinya gajah mada orang buton, sekarang sudah soekarno...😂😂

      Hapus
  4. Saya sependapat dengan anda.. Sya jga sngat yakin.. Ada bukti yg bsa d'ktakan otentik.. Megawati Sokarno Putri, dia memiliki sebuah tongka yg dinamakn tongkat buaya, tongkat itu trbuat dri emas, di katakan tongkat buaya karena di ujung tongkat itu brbntuk sprti mlut buaya yg sdang trbuka, dan tongkat yg sma juga dimiliki oleh seorang kakek asli Buton, kakek itu brnama La Ode Balaba, yg skrang tggal di kelurahan Lakarinta, kecamatan Lohia, kabupaten Muna.. Karena itu, sya sngat yakin bhwa Ir. Soekarno, itu tulen Putera Buton..

    BalasHapus
  5. Saya sepakat kalau Ir. Soaekarno itu adalah asli orang Buton.

    BalasHapus
  6. Coba liat cara pakai kupiahnya... Pasti bgi kt org buton tau siapa bpk ini...

    BalasHapus
  7. Saya juga sangat yakin bahwa Ir. Soekarno orang Buton karena pernah dengar cerita kakak sepupu saya LM MUHAMAD NAGARIA dia kebetulan lama merantau dijawa menjadi wartawan. Suatu waktu GUNTUR SOEKARNO PUTRA sakit keras dan para normal meramal bahwa orang BUTON yg bisa sembuhkan penyakitnya tinggal digang sekian. Maka pada waktu itu juga GUNTUR SOEKARNO PUTRA melakukan pencarian dan ketemulah dengan kakak sepupu saya tadi, setelah terjadi dialog kakak sepupu saya tadi tidak mengaku dan sanggup mengobati tuan GUNTUR SOEKARNO PUTRA karena dia tidak memiliki kemampuan sama sekali dibidang itu, tetapi GUNTUR SOEKARNO PUTRA saat itu seakan meyakinkan kakak sepupu saya bahwa dia mampu mengobati maka dengan penuh keyakinan kakak sepupu saya membacakan doa dan alhasil setelah beberapa hari kemudian beliau sembuh dari sakit yang dia derita. Maka mulai saat itulah terjadi keakraban keduanya dan diajaklah silahturahmi dikediaman MEGAWATI SOEKARNO PUTRI yang saat itu belum nenjadi presiden RI masih menjabat ketua PDI dan persiapan mendirikan PDI-P. Saat silahturahmi itu terjadilah dialog dengan keluarga BUNG KARNO dan mengatakan kepada kakak sepupu saya bahwa kakek mereka adalah orang bangsawan BUTON tapi mohon katanya atau pesannya kepada kakak sepupu saya bahwa kalian sekedar tau saja bahwa Kami darah bangsawan BUTON tidak perlu disebar luaskan atau dipublikasikan. Itu pesan singkat dari SUKMAWATI SOKKARNO PUTRI.

    BalasHapus
  8. Saya juga sangat yakin bahwa Ir. Soekarno orang Buton karena pernah dengar cerita kakak sepupu saya LM MUHAMAD NAGARIA dia kebetulan lama merantau dijawa menjadi wartawan. Suatu waktu GUNTUR SOEKARNO PUTRA sakit keras dan para normal meramal bahwa orang BUTON yg bisa sembuhkan penyakitnya tinggal digang sekian. Maka pada waktu itu juga GUNTUR SOEKARNO PUTRA melakukan pencarian dan ketemulah dengan kakak sepupu saya tadi, setelah terjadi dialog kakak sepupu saya tadi tidak mengaku dan sanggup mengobati tuan GUNTUR SOEKARNO PUTRA karena dia tidak memiliki kemampuan sama sekali dibidang itu, tetapi GUNTUR SOEKARNO PUTRA saat itu seakan meyakinkan kakak sepupu saya bahwa dia mampu mengobati maka dengan penuh keyakinan kakak sepupu saya membacakan doa dan alhasil setelah beberapa hari kemudian beliau sembuh dari sakit yang dia derita. Maka mulai saat itulah terjadi keakraban keduanya dan diajaklah silahturahmi dikediaman MEGAWATI SOEKARNO PUTRI yang saat itu belum nenjadi presiden RI masih menjabat ketua PDI dan persiapan mendirikan PDI-P. Saat silahturahmi itu terjadilah dialog dengan keluarga BUNG KARNO dan mengatakan kepada kakak sepupu saya bahwa kakek mereka adalah orang bangsawan BUTON tapi mohon katanya atau pesannya kepada kakak sepupu saya bahwa kalian sekedar tau saja bahwa Kami darah bangsawan BUTON tidak perlu disebar luaskan atau dipublikasikan. Itu pesan singkat dari SUKMAWATI SOKKARNO PUTRI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul saudaraku...ASLI BUTON

      Hapus
    2. Betul saudaraq bhw Ir Soekarno itu adlh keturunan Buton

      Hapus
  9. Bang Umar Bakri, buku Anjonga Yinda Malusa karena Syeh Haji Abdul Ganiu atau Kenepulu Bula akhir bulan ini akan diterbitkan oleh Oceania Press.

    BalasHapus
  10. yaa aku juga sangt setuju dengan pendapat kalian

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Ratu Belanda Welhelmina dibilang Orang Buton. Presiden RI Soekarno juga dibilg Orang Buton, dan Pattimura yg adlh Pahlawan orang Maluku juga dibilang dr Buton.
    Ayolah kita sm2 brfikir logis n Intelek.
    catatan yg ditulis diatas bahwa bapak bioligis Laode Muhammad Idris mningglkn Sokerno pad umur 3 Tahun. Brrti jelas hilang catatan sejarah tentang detik-detik lahirnya Soekarno kan. Tp klo mw baca versi lainnya itu dituliskan jelas tetg pra n pasca kelahiran Soekarno. Artinya bahwa sejarh Soekarno asli Boton tidak benar. Yg benar adlh Sokarno Asli Jawa n kelahiran Blitar, bukan kelahiran Bali juga. Hal ini brdasarkan fakta sejarah yg ditulis banyak orang baik lokal, nasional n internasional.
    Jd, jgn rasionalisasi setiap orang dgn argumen yg lemah n penuh mistis.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sby bung, bukan blitar

      Hapus
    2. Kayaknya sby bung, bukan blitar

      Hapus
    3. sudah ada buktinyya bro tuhh anak ke 4 soekarno bilng
      dan ibu kandung soekarno yang di bawa lari di sby mereka memilih berkediaman di blitar

      Hapus
    4. Nah di artikel di atas tadi mengatakan bahwa soekarno adalah anak dari laode muhammad idris..tapi dia cuman di besarkan dan di nafkahi oleh raden soekami sosrodihardjo...jadi kesimpulan nya bung karno masih darah daging dari seorang ayah yang berketurunan pulau buton

      Hapus
    5. hahahha lionel messi juga org buton.... nama aslinya
      la oni messe.....

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Setahu saya ,setelah La Ode Muhammad Idris atau Odhe Idhirisi tinggalkan KeSultanan Buton karena berbagai pertimbangan,dia tidak kembali lagi ke Buton,beliau menjadi seperti pengembara sufi.Saya tekankan sekali lagi,ini setahu saya,wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr tahu ceritanya klau beliau sampai detik ini tinggalkan tanah buton & t4 istrht trakhrnya d mna sehingga sdr ktakan bwh beliau seprty pengembara sufi...

      Hapus
    2. Ada penarikan emas batangan bertuliskan LM SUKARNO

      Hapus
  15. Sebelumnya.saya pernah dengar tentang ini bahwa soekarno adalah wali keturunan buton ternyata soekarno masih keturunan buton asli yang menjadi pertanyaan adalah di makam soekarno ada nggak nama ayah nya yaitu LA ODE MUH IDRIS

    BalasHapus
  16. Yang pasti soekarno itu orang indonesia yg menyatukan NUSANTARA

    BalasHapus
  17. coba lbh rasional dlm menyikapi setiap persoalan. kalau ingin meluruskan sejarah, gunakanlah argumentasi yg dibangun di atas data yang lbh valid dari data sblumnya. cerita di atas itu hanyalah rekaan (zhanniy) yg sama sekali tdk mengandung kebenaran ilmiah sedikitpun. ada banyak sekali kejanggalan di dalamnya, dari awal sampai akhir cerita. mari bebrp poin sj:
    1) Merantaunya La Ode Idris ke pulau bali, itu tdk jelas tahun berapa, kemudian menikahi perempuan yg menurut rekaan bernama Ida Ayu Nyoman Rai. tanggal pernikahannya jg tidk jelas, justru tgl kelahiran Soekarno lah yg ditulis jelas tanggalnya dgn mengutip versi sejarah yang diakui saat ini, yaitu 6 juni 1901. ini sangat ganjil, tanggal pernikahan orang tuanya tidk diketahui tp tanggal kelahiran anaknya diketahui dgn jelas. ini menunjukkan bahwa pengarang cerita ini hnya menghubung-hubungkan apa yg menjadi obsesinya sambil memulung cerita-cerita mitos liar lalu dihubung-hubungkan scra serampangan dgn data yg sdh ada.
    2) semudah itukah ayah Ida Ayu Nyoman Rai menikahkan anaknya dgn seorang pengembara hanya karena ia seorang bangsawan dgn bukti satu-satunya yaitu keris pusaka, sedang ia sendiri jg seorang bangsawan bali. tidakkah ia seharusnya khawatir dgn masa depan anaknya, krna lelaki yg melamarnya itu seorang pengembara, yg tdk jelas silsilah keluarganya. jika itu benar, betapa naifnya ayah ida nyoman rai. data membuktikan bhwa ia menikahkan anaknya dgn seorang bangsawan jawa (raden Soekemi) yg jelas garis kebangsawannya & jelas statusnya sebagai pegawai negeri di departemen pendidikan pemerintahan belanda saat itu.

    BalasHapus
  18. 3) Soekarno yg lahir pd 6 Juni 1901. dlm cerita di atas dikatakan bhw pernikahan La Ode M. Idris dgn Ida Ayu hanya brlangsung krg lebih tiga tahun krn pd tahun 1911 ia telah dijemput oleh utusan dari kesultanan buton untuk menyelesaikan perselisihan yg terjadi di sana. coba simak: antra tahun 1901-1911, bukankah itu sepuluh tahun. sungguh pengarang cerita ini tidak cermat, bagaimana bisa kita mempercayai kerancuan semacam itu.
    4) Penamaan "Soekarno", nama semacam itu sama sekali tidk familiar di kalangan orang buton. kcuali kalau namanya La Ono, La Karono, La Toondu, atau La Bolontio.
    5) Raden Soekemi resmi menikahi Ida Ayu Nyoman Rai pada tahun 1887, 14 tahun sebelum kelahiran Soekarno. sejak kpan La Ode Muh. Idris bisa memasuki kehidupan mereka, kok tiba2 dia bisa menikahi Ida Ayu lagi, selama 3 tahun. apa iya, ida ayu pernah bercerai dari raden soekemi kemudian menikah dgn Ld. M. Idris lalu rujuk kembali dgn Soekemi, atau jgn2 pertanyaan sy ini akan menjadi cerita versi baru lagi.
    6) dlm cerita di atas, seakan-akan Soekarno itu anak pertama dari Ida Ayu Nyoman Rai. padahal tidk, anak pertama dari Ida Ayu itu seorang perempuan bernama Raden Soekarmini yg lahir thn 1898.
    7) La Ode Idris mengaku menikahi Ida Ayu yg msih gadis dan melahirkan anak semata wayang mereka bernama Soekarno. Setelh ditinggalkn oleh La Ode M. Idris, barulah Ida Ayu Nyoman Rai menikah dgn Raden Soekemi dan melahirkan anak pertamanya yg bernama Raden Soekarmini. artinya Soekarno (putra La Ode M. Idris) yg merupakan anak kedua dari Ida Ayu Nyoman Rai, terlahir lebih dulu mendahului kakaknya yg bernama Raden Soekarmini. sungguh luar biasa, cerita seperti ini bahkan tidak bisa dibuat oleh seorang sutradara film hollywood sekalipun.
    ada banyak sekali bahan yg bisa dijadikan lelucon dalam cerita di atas, termasuk para saksi, atas dasar apa mereka itu bisa dipercaya kesaksiannya. mereka itu bukanlah saksi sejarah, bukan pula org yg pernah hidup berjuang bersma bung karno. lalu atas dasar apa kesaksian mereka itu bisa dipercaya. data-data yang menjadi sandaran juga tidak ada selain cerita-cerita liar yang berkembang di kalangan masyarakat buton, seperti cerita seorang guru dari La Wele. pertanyaannya guru tersebut darimana dia dapatkan ceritanya, data apa yang menjadi sandarannya.
    sekedar info: saya sendiri orang buton asli. saya sangat cinta dan juga bangga dgn keunikan-keunikan daerah saya (daerah buton) sebagai daerah kepulauan yang indah dgn benteng terluas di dunia. saya menuliskan sanggahan ini tanpa tendensi apapun selain ingin mengingatkan saudara-saudara saya agar tidk mudah percaya pd cerita-cerita liar yg tdk bisa dipertanggungjawabkan. sebab hal-hal semacam itu tdk akan mengangkat derajat kita, justru sebaliknya akan menjatuhkan martabat kita sebagai orang buton, karna kita akan jadi bahan ejekan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu soekarno sring sakit2tan akhirnya namanya di ganti menjadi soekarno krn tmpt yg membesarkannya itu di jawa

      Hapus
    2. Nah ini baru pake logika
      Seep dah maliano

      Hapus
  19. Sya juga yakin bahwa soekarno itu keturunannya bukan asli pulau jawa karena kalau memang benar benar beliau itu asli suku jawa tidak akan dikudeta atau dilakukan percobaan pembunuhan terhadap soekarno pd saat menjadi presiden Indonesia maupun dlm memperjuangkan kemerdekaan. Oleh karena para pembesar yg berasal dari suku jawa telah mengetahui silsilah asli dari soekarno bukan asli keturunan jawa maka mereka cemburu dan iri karena tidak satu suku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam memperebutkan kekuasaan tdk pilih suku ras dan agama.. ko lihat mi sj pemilihan Bupati yg sama2 1 suku sdh saling menjatuhkan..

      Hapus
  20. Kalau soekarno itu benar-asli orang jawa tdak mungkin akan dilakukan percobaan pembunuhan atau kudeta oleh orang jawa itu sendiri karena orang jawa persatuan sukunya solid. Tpi karena mereka telah mengetahui bahwa soekarno itu bukan asli jawa sehingga mereka iri akan dipimpin oleh orang bukan suku jawa. Itu akan lebih jelas memberikan gambaran kepada kita mengenai komtroversi soekarno itu salah satunya adalah maslah silsilah.

    BalasHapus
  21. Kemudian satu hal lagi coba anda perhatikan wajah soekarno itu apakah mirip dengan orang jawa pada umumnya. Ini juga perlu dipikirkan pak. Bgitupula dengan wajah ayah soekarno orang jawa itu apakah ada kemiripan sdikitpun? Ini juga akan membuka wawasan anda siapkh soekarno itu sebenarnya..wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara fisik, sukarno memang perpaduan jawa dan bali. satu hal yang pasti, sukarno secara fisik memang tidak mirip orang buton, begitu pula keturunannya tidak ada yg mirip orang buton. coba perhatikan megawati, guruh, atau rahmawati, adakah salah satu dari mereka itu mirip dgn org buton? sama sekali tidak, kecuali kalau mata anda rabun.

      Hapus
  22. Mengenai sejarah pattimura yg disingung di atas oleh komentar teman teman mengatakan bahwa pattimura itu bukan orang buton. Tetapi para sejarahwan maluku meragukan bahwa pattimura itu secara fisik dia tidak sama dengan fisiknya orang maluku. Itu pakar sejarah yg bilang bukan saya. Tetapi mereka tidak mau melanjutkan penelitian lebih dalam karena jangan sampai pattimura itu benar benar bukan orang asli maluku maka mereka akan malu dan kehilangan pahlawan. Itu juga perlu dipikirkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya...., silahkan anda pikirkan sendiri komentar anda. komentar anda sama sekali tidak mengandung bobot ilmiah. ini bbrp poin yg menunjukkan kerancuan berpikir anda:
      1. "para sejarawan maluku meragukan bahwa pattimura secara fisik dia tidak sama dgn orang maluku" (bahasa yg rancu). sejarawan yg anda maksud siapa? sebutkan namanya!
      2. "secara fisik, pattimura tidak sama dgn org maluku". ini dilihat dari apa alat ukurnya, apakah warna kulit, rambut, tengkorak, atau apa?
      3. "pakar sajarah tidak mau melanjutkan penelitiannya karena jgn sampai........" jk penelitiannya mereka tidak dilanjutkan lantas darimana anda tahu bahwa penelitian itu ada & hasilnya membuktikan bhw pattimura scra fisik tdk sama dgn fisiknya org maluku. pernyataan anda kontradiksi. jgn2 pakar sejarah yg anda klaim itu, anda sendiri. hehehehe btpa bodohnya
      4. jikapun terbukti bhw pattimura scra fisik tdk sama dgn org maluku, itu tdk menunjukkan bhw pattimura itu org buton. bisa sj dia org flores, papua, jawa, buton, dsbnya.

      Hapus
    2. critsiano ronaldo mirip org buton juga. jangan jangan...

      Hapus
  23. Dalam sejarah majapahit juga telah ditulis di dalam kitab negara kergama karangan mpu prapanca mengatkan bahwa buton itu merupakan pulau para resi. Para resi itu artinya orang yg memiliki kebatinan yg cukup tinggi. Sedangkan pulau jawa tdak dibilang sebagai pulau para resi. Itu artinya buton itu pd jaman dhulu terdapat orang orang sakti mandraguna yg melebihi saktinya orang jawa. Tpi hal sya tdak bermaksud untuk takabur akan tetapi memaknai salah satu kalimat yg ditulis dalam buku negara kertagama dan buku sutasoma

    BalasHapus
    Balasan
    1. lalu apa hubungannya dgn soekarno? coba kalau diskusi itu lebih fokus pada pokok masalah. jgn ngelantur

      Hapus
    2. Ini juga ngawurrnya tingkatt dewa.. Parahhh!!!!?

      Hapus
  24. 1. NAMA KECIL IR. SOEKARNO –
    Ketika dilahirkan, Soekarno diberikan nama Kusno Sosrodihardjo oleh orangtuanya.Namun karena ia sering sakit maka ketika berumur lima tahun namanya diubah menjadi Soekarno oleh ayahnya. Nama tersebut diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna. Nama “Karna” menjadi “Karno” karena dalam bahasa Jawa huruf “a” berubah menjadi “o” sedangkan awalan “su” memiliki arti “baik”.

    Di kemudian hari ketika menjadi Presiden R.I., ejaan nama Soekarno diganti olehnya sendiri menjadi Sukarno karena menurutnya nama tersebut menggunakan ejaan penjajah (Belanda). Ia tetap menggunakan nama Soekarno dalam tanda tangannya karena tanda tangan tersebut adalah tanda tangan yang tercantum dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang tidak boleh diubah. Sebutan akrab untuk Soekarno adalah Bung Karno.

    Asal Usul Nama Achmed Soekarno –
    Di beberapa negara Barat, nama Soekarno kadang-kadang ditulis Achmed Soekarno. Hal ini terjadi karena ketika Soekarno pertama kali berkunjung ke Amerika Serikat, sejumlah wartawan bertanya-tanya, “Siapa nama kecil Soekarno?” karena mereka tidak mengerti kebiasaan sebagian masyarakat di Indonesia yang hanya menggunakan satu nama saja atau tidak memiliki nama keluarga. Entah bagaimana, seseorang lalu menambahkan nama Achmed di depan nama Soekarno. Hal ini pun terjadi di beberapa Wikipedia, seperti wikipedia bahasa Ceko, bahasa Wales, bahasa Denmark, bahasa Jerman, dan bahasa Spanyol.

    Sukarno menyebutkan bahwa nama Achmed di dapatnya ketika menunaikan ibadah haji. Dalam beberapa versi lain, disebutkan pemberian nama Achmed di depan nama Sukarno, dilakukan oleh para diplomat muslim asal Indonesia yang sedang melakukan misi luar negeri dalam upaya untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan negara Indonesia oleh negara-negara Arab.

    2. KEHIDUPAN IR. SOEKARNO –
    Masa Kecil dan Remaja Soekarno –
    Soekarno dilahirkan dengan seorang ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya yaitu Ida Ayu Nyoman Rai. Keduanya bertemu ketika Raden Soekemi yang merupakan seorang guru ditempatkan di Sekolah Dasar Pribumi di Singaraja, Bali. Nyoman Rai merupakan keturunan bangsawan dari Bali dan beragama Hindu sedangkan Raden Soekemi sendiri beragama Islam. Mereka telah memiliki seorang putri yang bernama Sukarmini sebelum Soekarno lahir. Ketika kecil Soekarno tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur.

    Ia bersekolah pertama kali di Tulung Agung hingga akhirnya ia pindah ke Mojokerto, mengikuti orangtuanya yang ditugaskan di kota tersebut. Di Mojokerto, ayahnya memasukan Soekarno ke Eerste Inlandse School, sekolah tempat ia bekerja.Kemudian pada Juni 1911 Soekarno dipindahkan ke Europeesche Lagere School (ELS) untuk memudahkannya diterima di Hoogere Burger School (HBS). Pada tahun 1915, Soekarno telah menyelesaikan pendidikannya di ELS dan berhasil melanjutkan ke HBS. di Surabaya, Jawa Timur. Ia dapat diterima di HBS atas bantuan seorang kawan bapaknya yang bernama H.O.S. Tjokroaminoto. Tjokroaminoto bahkan memberi tempat tinggal bagi Soekarno di pondokan kediamannya. Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para pemimpin Sarekat Islam, organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto saat itu, seperti Alimin, Musso, Dharsono, Haji Agus Salim, dan Abdul Muis. Soekarno kemudian aktif dalam kegiatan organisasi pemuda Tri Koro Darmo yang dibentuk sebagai organisasi dari Budi Utomo. Nama organisasi tersebut kemudian ia ganti menjadi Jong Java (Pemuda Jawa) pada 1918. Selain itu, Soekarno juga aktif menulis di harian “Oetoesan Hindia” yang dipimpin oleh Tjokroaminoto.

    Tamat H.B.S. tahun 1920, Soekarno melanjutkan ke Technische Hoge School (sekarang ITB) di Bandung dengan mengambil jurusan teknik sipil dan tamat pada tahun 1925. Saat di Bandung, Soekarno tinggal di kediaman Haji Sanusi yang merupakan anggota Sarekat Islam dan sahabat karib Tjokroaminoto. Di sana ia berinteraksi dengan Ki Hajar Dewantara, Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, yang saat itu merupakan pemimpin organisasi National Indische Partij.

    BalasHapus
  25. Bagi yg ga percaya klw soekarno adalah keturunan buton...coba tanya sama bu mega atw bu fatma.....
    Klw ga ngerti lbih baik diam..cari tahu kebenarannya dulu...
    Klian kan tidak tau La Ode Muhammad Idris itu siapa......sy jelaskan sedikit
    Sultan Buton La Ode Muh. Umar dgn gelar Omputo Sangia Baria
    punya anak laki-laki
    1. La Ode Muh. Idris ( arokamaru )
    2. La Ode mere ( arolowu-lowu )
    Sy tau ini karna mereka kakek buyut sy..tp sy trhububg erat dgn La Ode Mere karna la ode mere punya anak salh satunya la ode bariki
    Trus la ode bariki py anak salah satunya wa ode bashita dan wa ode bashita punya anak wa ode nurwiah ( mama saya )

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, sebaiknya anda diam karena dari koment anda sepertinya anda tidak mengerti fokus pembicaranaan. yang dipermasalahkan disini bukan tentang asal-usul La Ode Muh. Idris tetapi asal-usul sukarno yang katanya keturunan La Ode Muh. Idris. secara ilmiah ini tidak bisa diterima karena tidak adanya bukti-bukti yg bisa dipertanggungjawabkan.

      Hapus
    2. Santai bro hasin, sejarah buton memang seharusnya tdk publikasikan scra terang2an krn pulau buton itu pulau yg penuh rahasia dan kadang bertolak belakang dgn logika yg sdh sekian lama tertanam dibenak kita

      Hapus
  26. Buton memiliki sejarah yg rahasia,,,,
    Buton adalah pulau resih(kebatinan)
    Tpi Buton tidak pernah memamerkan semua
    Kelebihanya,,,,

    BalasHapus
  27. Betul itu,,masbrow,,wong nda mang ndak mau ngalah,coba anda liat kris pusaka sukarno itu milik siapa,,dan tongkat sakitnya itu,,

    BalasHapus
  28. Betul itu,,masbrow,,wong nda mang ndak mau ngalah,coba anda liat kris pusaka sukarno itu milik siapa,,dan tongkat sakitnya itu,,

    BalasHapus
  29. Yg jelas soekarno orang indonesia

    BalasHapus
  30. Wallahu alam.tp menurut saya ini bisa di jadikan referensi dan perlu di buktikan kebenarannya.sejarah bangsa ini telah di ubah sedemikian rupa sehingga apa yg kita ketahui saat ini tidak sesuai dengan aslinya.Kalau menurut saya bung karno bisa jadi adalah keturunan tanah wuna wolio.itu bisa terlihat dari ciri2 fisik beliau mulai dari wajah dan postur tubuh.

    BalasHapus
  31. Setuju kalo SUKARNO itu asalnya org TIMUR, tapi bukan BUTON..banyak versi tentang SUKARNO dari JAWA,BUTON dan juga HALMAHERA BARAT(JAILOLO).... KAlo versi dari HALMAHERA BARAT " para tetuah mngatakan kalo SULTAN JAILOLO yg hilang tampa jejak itu adlah SUKARNO,
    Tapi sabar dulu bro.. Lebih jelas lagi Versi Kab.HALMAHERA TENGAH (yang beribu kota WEDA) Cerita singkat Pada tahun 1955 Sukarno berkunjung ke WEDA(HALMAHERA TENGAH) dengan tidak sadar SUKARNO menyapa masyarakat HALMAHERA TENGAH dengan bahasa DAERAH WEDA,, yaitu " FAFTEN RE FARIMONE TAGAREBO TFAKDUKE NOTE NTE" dalam bahasa indonesia " hey sudarah-sudarah ku kita baru bertemu lagi.


    Dan kami asli dari HALMAHERA TENGAH MALUKU UTARA(north moluccas) yakin dan percaya kalo SUKARNO itu Bukan manusia biasa seperti kita,akan tetapi dia itu Mahluk Ghaib bahkan versi Jawa juga mngatakan dia itu punya ilmu Ghaib,,
    Dan para tetuah HALMAHERA TENGAH mereka pernah brcerita Sebelum INDONESIA MERDEKA sukarno berkunjug ke HALMAHERA TENGAH MALUKU UTARA untuk mminta izin dan doa dukungan para tetuah mengenai kmerdekaan Bangsa indonesia,, mereka juga brcrita kalo Gurunya SUKARNO itu Orang maluku UTARA,
    Saya juga pernah ingat waktu itu 2008 seorang kakek (sudah almarhum skarang) di brcrita kalo SUKARNO itu tidak meninggal dia masih hidup karna dia itu Ghaib, dia hanya meninggalkan dunia ini / alam yg kita tempati ini dan dia kembali ke alamnya yaitu alamnya mahluk Ghaib,jadi dia tidak meninggal, SEMENTARA di HALMAHERA TENGAH ADA sebuah GOA yang bernama GOA BOKI MORURU (BATU LUBANG) goa ini di sebut goa tak berujung didalam goa itu banyak sekali terowongan yang yg tidak tau arahnya kemana,, tapi mnurut para tetuah terowongan2 tersebut menuju ke kerajaan2 besar yg ada di dunia ini.. mereka juga sebut Goa ini tempat nya mahluk2 Ghaib...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya sultan jailolo yg hilang itu ada di kepulauan kei...

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Soekarno orang buton saya setuju
    Anaknya megawati sdh mengakui sendiri dan mereka juga dilarang soekarno untuk membahas tentang ini.
    Soekarno hidup dengan ibunya dibali dan ibunya menikah lagi dgn suku jawa, sang ayah la ode muhammad idris dipanggil kesultanan buton sampai akhirnya ayahnya pergi dan Sampai tidak menafkahi soekarno dan ibu nya.
    Pertanyaannya apakah soekarno dendam dengan sang ayah yg tak kunjung datang??? Sehingga mereka melupakan asal usul nya sendiri?
    Wallahu A'lam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bearti soekarno lahir di bali dong??wuahhhahhhah

      Hapus
    2. megawati sdh mengakui sendiri dan mereka juga dilarang soekarno untuk membahas tentang ini. kalau dilarang membahas trus kenapa mengakui...

      Hapus
    3. Itu bisa jadi disebabkan masalah politis bang, sbb popularitas tergantung dominasi kekuatan dari bawah yaitu suku Jawa, klu ia mengakui leluhur aslix pengaruh mereka ditanah Jawa bisa goyah bang. Tapi semua ini mau serius menelusuri bisa ditanyakan dari ibu Sukarno yg di Bali.

      Hapus
  34. Wkwkwkwkwkwk
    Sy orang kalimantan melongok longok bacanya
    Gedebrag....gedebrug....blarrrrr....!!

    BalasHapus
  35. Wuahhhahhah...soekarno centre di bali lebih jelas dan terang tentang pernikahan raden soekeni dan ida ayu rai

    BalasHapus
  36. http://kreasimasadepan441.blogspot.co.id/2017/12/demokrat-beri-sinyal-majukan-ahy-jadi.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.co.id/2017/12/menlu-ri-desak-semua-negara-akui.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.co.id/2017/12/china-dukung-yerusalem-timur-sebagai.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM


    BalasHapus
  37. Balasan
    1. Sepakat kalau Ir.soekarno itu benar-berasal dari tanah butuni saya sangat saklarkan itu, kenapa kuburan atau tempat istrahaat trakhirnya La Ode hj Muhammad Idris saya sangat Tahu & prlu d ketahui bersama bahwa tidak ada makamnya beliau d tanah buton...silahkan klau ada yg mau hujat saya siap menunjukakan tmpatnya.

      Hapus
  38. KACAU BALAU SEJARAH ITU ADALAH HAK KLAIM FAKTA YANG DIBUKTIKAN DENGAN SAKSI KETERANGAN YANG TERTULIS KALAU HAK KLAIM SEJARAH ITU TIDAK MEMENUHI FAKTOR FAKTA PENDUKUNG SEJARAH MAKA JANGANLAH MENJADIKAN HAK SEJARAH ANDA LAMA LAMA NANTI TUHAN DAN NABI JUGA KALIAN KLAIM SEBAGAI KETURUNAN DARI SUKU ANDA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama lama lionel messi....
      muhammad ali, bruce lee, einstein, nabi daud, pattimura, hitler semua diklaim.....hahaha

      Hapus
  39. saya juga bisa bilang soekarno org kei. coba liat pidato ali mochtar ngabalin. sayuti rahawarin. kamarudin watubun edison betaubun. herman adrian koedoeboen mirip soekarno atau tidak

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. 1.sultan buton ke 29
    la ode muhammad idris (1824-1951)
    wafat 28 april 1851

    2.pencalonan sultan ke 33
    tahun 1906-1911

    3.sedangkan putra sang fajar SOEKARNO
    lahir pada tgl 6 juni 1901

    hebattt... hebaatt...
    thrednya sungguh hebatt...

    kog bisa yaa, sultan ke 29 wafat tahun 1851 tapi masih bisa mencalonkan sultan yang ke 33 pada tahun 1906-1911
    punya anak lagi, yang lahir di tahun 1901..
    kan bener bener hebat..

    BalasHapus
  42. Pak Ali Habiu, menarik sekali artikelnya. Tapi paparan logis Miana Wolio itu harus dipertimbangkan

    BalasHapus
  43. saya sbgai org buton. msih kurang prcya akan hal crita trsbut. dan hanya 40% saja yg saya prcya.. yg mmbuat saya sya tidak prcya dlm crita artikel diatas trsbut.. dimna saat proses dialok. ghoip hee. dan mngatakn atas izin allah.. diprbolehkn soekarno brdialok..
    pertnyaanx cp org trsbut mminta ijin pda allah??
    apkah dia mlaikat atau muhammad yg dekat atau yg bisa berbicara lagsg dgn allah.. kurasa dlm crita trsbut jgn smpe bisa mmbwa prbuatan dosa syirik..
    dan msalah soekarno tau asal usulx. kita bisa tau lgsg dri kluargax. klo kluarga msih diam dan mnjga rahasia dri publik, itu yg mmbuat saya prcya akn rahasia yg dicritakn oleh soekarno pda kluargax bhwa dia msih ada keturunan buton.. kuharp bgtu wassapam

    BalasHapus
  44. Masih rancu sebagai asli Buton saya belum bisa 100% percaya sejarah diatas akan tetapi klaim demi klaim membuat saya berpikir jauh mengapa harus mengakui kalau bukti belum lengkap & sesuai fakta? Kalaupun bung karno asli keturunan buton mesti ada yg bisa di jadikan bukti hummm..???

    BalasHapus
  45. dulu tahun 1960 an ada buku berjudul Putra Sang Fajar disitu tidak ada disinggung hubungan bung Karno dengan Buton...Klw bisa bukunya diterbitkan ulang agar bisa dibaca oleh generasi muda....dan tidak terjebak pada berita hoaks...By Irwan Kendari

    BalasHapus
  46. Omong kosong sampeyan Mas Bro,,,ngaku ngaku wong buton,,telel pancung sampeyan,ngarang cerita ora jelas,,,

    BalasHapus
  47. Hummmm,,sejarah kurang jelas bro,nde wani upload neng yutub,,tanggung jawab bila di klaim yo hhhh

    BalasHapus
  48. Mash bingung saya..yg mana yg harus di percaya..

    BalasHapus
  49. Ngawurrrr,,,,jangann buatt cerita yg mengada2.. Sudahh jelass klw sukarno itu bapaknya orang jawa

    BalasHapus
  50. Bapak Soekarno org buton..org bali..org jawa..org manapun.. nggak peduli yg jelas beliau org asli nusantara..pendiri negara indonesia..

    BalasHapus
  51. Sy pernah dengar cerita itu dari Nenek sy kalau bpk SOEKARNO adalah paman dari nenek sy.. Silsilahnya sbb:syech HAJI
    LA ODE GANIYU PUNYA ANAK LA ODE UMAR (OMPUTO SANGIA BARIA)
    LA ODE UMAR (OMPUTO SANGIA BARIA) PUNYA ANAK LA ODE MUHAMMAD IDRIS (ARO KAMARU) & LA ODE MERE (ARO LOWU-LOWU)
    LA ODE MUHAMMAD IDRIS PUNYA ANAK SOEKARNO & LA ODE MERE PUNYA ANAK LA ODE BARIKI
    LA ODE BARIKI PUNYA ANAK WA ODE BASITA (NENEK SAYA)
    dan sy percaya dengan cerita nenek sy.. Masih banyak lagi cerita nenek sy tentang Kakek buyut kami (LA ODE MUHAMMAD IDRIS & LA ODE MERE) YG TDK BISA SY CERITAKAN DISINI.. PERCAYA ATAU TDK PERCAYA ITULAH YG SEBENARNYA DICERITAKAN NENEK SY SEBELUM MENINGGAL.

    BalasHapus
  52. tulisan Ali Habiu ini ada yang beredar di masyarakat dlam bentuk fotocopi tanpa ada tanggapan, sehingga masyarakat percaya bahwa Soekarno itu keturunan Buton...sebaiknya tulisan Ali Habiu ini disimpan oleh petugas dan perlu perhadapkan dengan penegak hukum...karena telah menyebarkan berita yang tidak benar...bisa di ancam pidana 6 tshun penjara dan denda 1 miliar....

    BalasHapus
  53. Saya sebagai warga negara Indonesia... sudahlah yg jelas dia orang Indonesia tdk ada gunanya kita permasalahkan.. dia suku apapun tetap dia juga mahluk bumi

    BalasHapus
  54. Menggunakan alat analisis yg benar tentu itu menjadi syarat untuk membuat keputusan sesuatu tepat atau kurang tepat. Dalam kaidah keilmuan ilmiah semua boleh & dapat di kaji. Langkah-langkah kajian filsafat seperti ontologi, epsitemologi & aksiologi. Tentu setidaknya menjadi standar dasar sebagai alat telusur kajian masalah ter sebut. Ontologi mempelajari hal-hal yg nyata maupun yg ghaib, epsitemologi mengkaji tentang metode kajian, sedangkan aksiologi mengkaji masalah nilai atau hasil akhir dari suatu kajian/kesimpulan.

    BalasHapus
  55. Komen sy adalah... Agar tidak menimbulkan fitnah dn penyebaran berita bohong atau klaim sepihak agar melakukan Tees DNA antara keturunan Laode Muhamad Idris dgn keturunan Soekarno.. ini akan jelas dgn sebenarnya.. betul apa gak ..

    BalasHapus
  56. Jangan membuat dosa....kalaupun benar ga jadi kebanggaan....karena....ga ngefek apapun kecuali kesombongan

    BalasHapus
  57. Cerita asal usul Soekarno dari Buton telah lama saya dengar dari keterangan beberapa orang tua Buton.Menyikapi keterangan itu saya jadi penasaran dan heran.Dalam hati kecil saya bertanya" betulkah demikian?Satu bulan yang lalu saya ketemu dengan teman lama saya saat kuliah.Dia jurusan sejarah sekarang sudah master.Dan jadi dosen pada salah satu perguruan tinggi swasta di Maluku. Dalam pertemuan itu kami berbincang" banyak hal termasuk sedikit sejarah Maluku dan sekelumit sejarah Kesultanan Buton.Dari sini dia sempat singgung mengenai ayah biologis Soekarno.Menurut dia,ayah biologisnya adalah orang Buton.Mendengar itu, saya jadi tersentak sambil bertanya wah apakah keterangan anda benar? Dia bilang benar.Tapi sayangnya saya tidak sempat gali kedalaman informasi ini karena kami lebih fokus pada sejarah Maluku.Namun demikian,kesan saya adalah sudah punya referensi yang agak ilmiah dalam tanda petik meskipun belum saya tanyakan detailnya lebih lanjut.Karena saya berpendapat bahwa teman saya ini orangnya ilmuwan sejarah.Artinya dia tidak asal ngomong.Hari ini, saya temukan tulisan yang memuat dan mengulas asal usul Soekarno.Dalam mengomentari tulisan ini, saya menyampaikan apresiasi saya atas ulasannya.Usul saya mungkin kedepannya perlu pemaparan yang lebih baik.Jangan loncat" atau lebih ilmiah lagi.Adapun keterangan dari Ibu Sukmawati yang notabene anak dari Soekarno, asalkan benar adanya tanpa direkayasa oleh penulis sudah bisa dijadikan sumber atau acuan.Sebab menguak asal usul seseorang antara lain dari orang" terdekatnya antara lain anaknya.Jadi kalau anaknya sudah katakan seperti itu ya klirlah untuk sementara.Namun demikian, penulispun sudah membuka ruang untuk diteruskan penelitian ini. Untuk itu, saya sarankan bagi teman" untuk menghargai tulisan ini dan kalau masih terdapat kejanggalan,tugas kita untuk menyempurnakannya.

    BalasHapus
  58. Semoga teka teki ini bisa di perjelas.

    Dan saya cukup heran kepada pemerintah republik dulu yg saya heran kan ini .Buton inikan termasuk kerajaan maju pada masanya tetapi sejarah yg meyagkut pautkan kerajaan ini sangat lah sedikit itu yg menjadi pertanyaan ya wasalam

    BalasHapus
  59. Saya ini orang buton,anda kalau nulis artikel jangan malu maluin orang buton,soekarno lahir 1901 perselisihan di buton 1811sampai 1914 masah umurnya soekarno baru tiga tahun anda gila ya dan madih banyak lagi pada tahun 1800 katanya ayah soekarno tidak suka sistim sara di pulau buton,anggap saja umurnya 5 tahun kemudian tahun 1898 pergi ke bali 5+98 umur ayahnya 100 lebih ya kamu ini gila nulis artikel,malu2in orang orang buton aja

    BalasHapus
  60. Yang 1811 salah ketik seharusnya 1911

    BalasHapus
  61. Sy peRnh certa SM org tua suku Jawa,sewaktu sy tugas di pulau buru Namlea,BPK itu mengatakan suatu saat org Buton jadi presiden ttp TDK tau kapan entah ttp klu zaman kalian masi bisa ketemu,percaya apa tdk itu ingat kata kata sy ,org tua tersebut bertutur kata

    BalasHapus